Jumat, 06 Agustus 2010

AKTIF MENDENGARKAN DALAM MENYIMAK

KATA PENGANTAR



Puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa atas limpahan karunia serta kasih sayang-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan dan menerjemahkan jurnal asing dan merangkumnya menjadi makalah dengan judul
“AKTIF MENDENGARKAN”
Makalah ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas seseorang dalam proses menyimak dan dapat terimplementasi dalam kehidupan,khususnya dalam proses pembelajaran mata kuliah dasar menyimak.
Dalam makalah ini penulis berusaha memperkaya bahasannya dengan merujuk buku-buku/modul-modul yang berkaitan dengan materi dasar keterampilan menyimak,menjelaskan dengan detail hakikat menyimak itu sendiri dan bagaimana cara-cara untuk menjadi penyimak yang terampil dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi dan kendala-kendala apa saja yang menghambat proses menyimak tersebut,serta memberikan solusi untuk menjadi seorang penyimak yang terampil dengan menguraikan teknik-teknik apa saja yang bisa dimanfaatkna dalam proses menyimak itu sendiri.
Semoga makalah ini,dapat memberikan kontribusi dan sebagai bahan suplemen dalam rangka mengembangkan daya simak manusia,khususnya dalam mata kuliah dasar keterampilan menyimak yang menjadi mata kuliah pokok mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia baik kependidikan maupun non kependidikan.
Untuk penyempurnaan pemahaman tentang dasar keterampilan menyimak dan memperkaya khazanah tentang proses menyimak yang dapat melahirkan penyimak yang terampil,maka penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca .
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.



JAKARTA, NOVEMBER 2009




PENULIS





Aktif mendengarkan
Mendengarkan aktif adalah maksud untuk "mendengarkan makna".
Mendengarkan aktif tidak hanya respons otomatis terhadap suara. Ini memerlukan pendengar untuk memahami, menafsirkan, dan mengevaluasi apa yang mereka dengar. Saat ini, kemampuan untuk mendengarkan merupakan keterampilan penting dalam komunikasi antarpribadi. Ini meningkatkan hubungan pribadi melalui pengurangan konflik, memperkuat kerjasama, serta menumbuhkan pemahaman.
Ketika berinteraksi, orang sering tidak mendengarkan dengan penuh perhatian untuk satu sama lain. Mereka mungkin akan terganggu, memikirkan hal-hal lain, atau berpikir tentang apa yang akan mereka katakan selanjutnya, (kasus terakhir ini terutama berlaku dalam situasi konflik atau ketidaksepakatan).
• Aktif mendengarkan adalah cara yang terstruktur mendengarkan dan menanggapi orang lain. It memfokuskan perhatian pada pembicara. Menangguhkan seseorang kerangka acuan dan menangguhkan penilaian adalah penting dalam rangka menghadiri sepenuhnya kepada pembicara.
DAFTAR ISI

• 1 Tactics
• 2 Gunakan
• 3 Hambatan Mendengarkan Aktif
• 4 Mengatasi Hambatan Mendengarkan
• 5 Lihat juga
• 6 Referensi
• 7 Pranala luar











1. Taktik
Penting untuk mengamati perilaku orang lain dan bahasa tubuh. Memiliki kemampuan untuk menafsirkan bahasa tubuh seseorang memungkinkan pendengar untuk mengembangkan pemahaman yang lebih akurat dari kata-kata pembicara. Setelah mendengar, si pendengar mungkin akan menguraikan kata-kata pembicara. Penting untuk dicatat bahwa pendengar tidak harus setuju dengan pembicara-hanya menyatakan apa yang dikatakan. Dalam komunikasi emosional, para pendengar dapat mendengarkan perasaan. Jadi, bukan sekadar mengulangi apa yang dikatakan pembicara, pendengar aktif mungkin menggambarkan emosi yang mendasari ( "Anda tampaknya merasa marah" atau "Anda tampaknya merasa frustrasi, adalah bahwa karena ...?").
Individu dalam konflik sering bertentangan satu sama lain. Hal ini memiliki efek menyangkal validitas posisi orang lain. Salah satu pihak dapat bereaksi defensif, dan mereka mungkin menyerang atau mundur. Di sisi lain, jika orang menemukan bahwa pihak lain mengerti, suasana kerja sama dapat diciptakan. Hal ini meningkatkan kemungkinan bekerja sama dan menyelesaikan konflik.
Dalam buku Leader Effectiveness Training, Thomas Gordon menyatakan "Aktif mendengarkan tentu saja tidak rumit. Pendengar hanya perlu menyatakan kembali, dalam bahasa mereka sendiri, mereka kesan ekspresi si pengirim. ... Namun, belajar untuk melakukan Aktif Mendengarkan dengan baik adalah agak sulit ..."

2. Penggunaan
Mendengarkan secara aktif digunakan dalam berbagai situasi, termasuk advokasi kepentingan publik, pengorganisasian masyarakat, les, pekerja medis berbicara dengan pasien, HIV konseling, membantu orang bunuh diri, manajemen, [konseling dan pengaturan jurnalistik. Dalam kelompok ini dapat membantu dalam mencapai konsensus. Mungkin juga dapat digunakan dalam percakapan santai untuk membangun pemahaman, meskipun ini dapat diartikan sebagai merendahkan.

Manfaat mendengarkan aktif termasuk membuat orang untuk membuka, menghindari kesalahpahaman, menyelesaikan konflik dan membangun kepercayaan. Dalam konteks medis, tunjangan mungkin termasuk peningkatan kepuasan pasien,] meningkatkan komunikasi lintas-budaya, meningkatkan hasil, atau turun litigasi
Mendengarkan aktif dapat diukur oleh Mendengarkan Aktif Skala Pengamatan.

3. Hambatan ke Aktif Mendengarkan
Semua unsur komunikasi, termasuk mendengarkan, mungkin akan terpengaruh oleh penghalang (s) yang dapat menghambat aliran percakapan antara individu. Beberapa hambatan ini meliputi gangguan, memicu kata-kata, kosakata, dan rentang perhatian terbatas untuk beberapa nama
Ada banyak berbagai jenis hambatan mendengarkan. mereka bisa psikologis dan fisik. Emosi dapat mempengaruhi efektivitas mendengarkan. Kebisingan dan gangguan visual adalah dua hambatan fisik umum lainnya juga. Selain itu, perbedaan-perbedaan budaya sering menghambat proses mendengarkan. Misalnya, aksen pembicara, kosakata, dan kesalahpahaman karena perbedaan latar belakang budaya.
Bahkan, selain hambatan yang tercantum di atas, penafsiran pribadi pendengar juga memainkan peranan penting. Sering, sikap, individu bias, dan prasangka dari pendengar akan menyebabkan komunikasi tidak efektif.
4. Mengatasi Hambatan Mendengarkan
Untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi melalui mendengarkan, seseorang harus meletakkan mengesampingkan emosi pribadi selama percakapan, mengajukan pertanyaan dan parafrase kembali ke pembicara untuk memperjelas pengertian, dan juga mencoba untuk mengatasi semua jenis gangguan lingkungan. Selanjutnya, pendengar harus mempertimbangkan latar belakang pembicara, baik budaya dan pribadi, untuk memberi manfaat sebanyak mungkin dari proses komunikasi. Selain itu, kontak mata dan bahasa tubuh yang tepat akan membantu.
5. Lihat pula
• Informational mendengarkan
• Reflective mendengarkan
6. Referensi

1. ^ Atwater, Eastwood (1981). Aku Hear Anda. Prentice-Hall. hal 83. ISBN 0-13-450684-7.
2. ^ Gordon, Thomas (1977). Leader Effectiveness Training. New York: Wyden buku. hal 57. ISBN 0-399-12888-3.
3. ^ Maudsley G (Maret 1999). "Peran dan tanggung jawab dari tutor pembelajaran berbasis masalah dalam kurikulum sarjana medis". BMJ 318 (7184): 657-61. PMID 10066213. PMC 1.115.096. http://bmj.com/cgi/pmidlookup?view=long&pmid=10066213.
4. ^ A b c Lang F, Floyd MR, Beine KL (2000). "Clues kepada pasien 'penjelasan dan keprihatinan tentang penyakit mereka. Sebuah panggilan untuk mendengarkan aktif". Arch Fam Med 9 (3): 222-7. DOI: 10.1001/archfami.9.3.222. PMID 10728107.
5. ^ Baxter P, Campbell T. (1994 7-12 Agustus). "Keterampilan konseling HIV digunakan oleh pekerja perawatan kesehatan di Zambia (abstrak tidak. PD0743)". Int Conf AIDS 10 (390). http://gateway.nlm.nih.gov/MeetingAbstracts/102211101.html.
6. ^ Laflamme G (1996). "[Membantu orang bunuh diri dengan aktif mendengarkan]" (dalam bahasa Perancis). Lemah Que 3 (4): 35. PMID 9.147.668.
7. ^ Mineyama S, Tsutsumi A, Takao S, Nishiuchi K, Kawakami N (2007). "Pengawas 'sikap dan keterampilan untuk mendengarkan dengan aktif mengenai kondisi kerja dan reaksi stres psikologis antara pekerja bawahan". J Occup Kesehatan 49 (2): 81-7. DOI: 10.1539/joh.49.81. PMID 17429164.
8. ^ Davidhizar R (2004). "Mendengarkan - sebuah panti strategi untuk mengatasi budaya". J Nurs Pract 54 (2): 22-4; kuis 26-7. PMID 15460343.
9. ^ Robertson K (2005). "Active mendengarkan: lebih dari sekadar memperhatikan". Aust Fam Physician 34 (12): 1053-5. PMID 16333490. http://www.racgp.org.au/AM/Template.cfm?Section=200512&Template=/CM/ContentDisplay.cfm&ContentID=5780.
10. ^ Fassaert T, van Dulmen S, Schellevis M, Bensing J (2007). "Aktif mendengarkan konsultasi medis: pengembangan Mendengarkan Aktif Skala Pengamatan (ALOS-global)". Patient Educ Couns 68 (3): 258-64. DOI: 10.1016/j.pec.2007.06.011. PMID 17689042.
11. ^ Reed, Warren H. (1985). Positif mendengarkan: belajar untuk mendengar apa yang orang benar-benar berkata. New York: F. Watts. ISBN 0-531-09583-5.

7. Pranala luar
 Mendengarkan adalah obat kuat, National Public Radio, February 2009
 Aktif Mendengarkan International Training Program On terselesaikan Konflik: Konflik Research Consortium, University of Colorado, USA
 Empati keterampilan mendengarkan Bagaimana mendengarkan sehingga orang lain akan merasa didengarkan, atau mendengarkan pertolongan pertama (University of California). Download satu jam seminar tentang empati mendengarkan dan mengikuti keterampilan.
 Latihan 4 - Aktif Mendengarkan, Pusat Studi Pedesaan, Universitas Vermont, Montpelier
 Apakah yang aktif mendengarkan?
 Aktif mendengarkan: Sebuah alat komunikasi
 Homepage Mendengarkan International Association organisasi profesional yang anggota-anggotanya berdedikasi untuk belajar lebih banyak tentang dampak yang telah mendengarkan pada semua aktivitas manusia
 Lebih baik komunikasi melalui mendengarkan lebih baik Delapan hambatan untuk mendengarkan secara efektif

1 komentar:

  1. terimakasih gan atas infonya
    ayo gabung ke Kompetisi Cerdas Cermat Online se-jawa timur seri 2.hadiahnya menarik lho total uang belasan juta rupiah :D

    BalasHapus